Ketika Cinta Ber….Tepuk Sebelah Tangan



 Tulisan ini masuk ke dalam buku Cinta Monyet Never Forget yang diterbitkan Leutika tahun 2010.



Kalo inget masa SMA, pasti semua kenangan saya tentang 1 nama, 3 kata, 8 suku kata. Siapakah dia? Ya, saat masih jadi putih abu-abuers,  dunia saya hanya berputar pada cowok ini : Nanang Andri Kristianto. (Hwayoloh Nanaaaang… gue sebutin nama lo dah.. katanya mau eksis kan?? hohohoho…)

Seperti kata Nikka Costa, dia adalah, “My…Fiiiirrrrssst loveeee…”

Waktu SD dan SMP sih, ada yang saya sukai, tapi…yaaah.. itu kan suka, bukan cinta. Kalo suka sih biasa. Tapi kalo cinta…wwwuuuuiiihh…sejuta inspirasi kan mampu bersliweran di jalan tol jagorawi dan Cipali. (?)

Ya. Nanang…Nanang…dan sekali lagi, Nanang!!
Dia ini tipikal cowok kutilang darat alias kurus tinggi langsing dan berserat (Jiah…. Macam iklan vegeta saja dia, bah!!).

Dulu saya berpikir, bagaimana dunia saya bila tanpa dia?? Makanya, hanya dia cowok SMA 6 Bekasi yang waktu itu bisa terlihat di mata saya. 
Yang lain??? Ikan cere semua.
--

Awalnya, saat kelas 1 cawu 1 (dulu belom pake sistem semester), saya nggak tau tuh siapa doi. Selain karena kelas kita beda, jaman dahulu kala dimana handphone masih sebesar timpukan anjing, saya termasuk siswa yang boleh dibilang, super duper kuper dan terkadang suka sok pinter padahal sih aslinya dodol keblinger bin herder (saya anjingnya dwong??!!! Guk guk, kaing…kaing).

Saya jadi kenal bapak Nanang ini karena dikasi tau sama kakak saya, Upik abu tralala yang hanya beda setahun dan satu sekolah dengan saya. Jadi, si Upik abu tralala ini punya hobi yang amat aneh, yaitu memberi gelar cowok tercakep per-angkatan sama seseorang. Dan dia berkata pada saya kalo Nanang Andri Kristianto itu adalah cowok tercakep di angkatan saya.

“Wi, lo kenal Nanang Andri ga?”
“Ha? Siapa tuh?”
“Itu anak kelas 1.1, masa lo ga tau sih. Dia kan cowok paling cakep di angkatan lo.”

Mendengar ucapannya, saya terhenyak dan agak sedikit bergidik ngeri menatap kakak saya. Begini masalahnya, angkatan saya itu memang cuma ada 6 kelas. Tapi meski sudah 2 bulan sekolah, saya bahkan belum hapal nama seluruh teman satu kelas (diharap maklum, karena otak saya RAM-nya hanya 128 MB). Apalagi kalo harus menghapal anak kelas lain, plus ditambah mendata siapa cowok-cowok cakep daaaaaan yang puuaaaaling cakep diantara 6 kelas tersebut. 

Itu bukan pekerjaan mudah bagi saya. 

Sekiranya, jika itu dilakukan, orang itu pastilah teman perempuan saya. Yaaa…karena tujuannya satu: Mencari Gebetan!!! Tapppiii, kenapa malah kakak cowok saya orang pertama yang ngomongin hal ini??? Heran nggak sih??

Itulah kenapa saya agak-agak bergidik ngeri sama dia. 

Tapi waaasyukurillah…. setelah 1 dekade kejadian ini berlangsung, anggapan saya yang mengira dia sejenis jeruk yang makan jeruk, ternyata tidak terbukti. Soale dia akhirnya menikahi anak perempuan orang di usia 25. Amiiinn… (syukuran.com)

Karena takut jadi arwah penasaran kalo mati, akhirnya setelah itu saya cari tau-lah…. Siapa tuh Nanang Andri Kristianto. 
Wuuiihh… seandainya itu kejadian jaman sekarang, saya nggak perlu malu nanya-nanya sama orang, yang mana sih Nanang itu? 
Kan, tinggal ketik aja di search engine: NANANG ANDRI KRISTIANTO SMA 6 BEKASI KELAS 1.1. Pasti yang keluar langsung deh, biodata lengkapnya dia sampe nomer ukuran celana dalamnya dia. (maniak.com).

Bersyukurlah kalian, haaaaiii para ABG-ABG jaman sekarang. 
Para insinyur sudah mempermudah hidup kalian dengan situs jejaring sosial yang memungkinkan kalian menebarkan jaring yang sesial-sialnya, bisa-lah ngejebak satu ikan teri di jala cinta kalian –halah!!

Ups..!! Saya akhirnya bertemu juga dengan Nanang yang dimaksud setelah hampir 2 pekan mencari. Maklum deh, ternyata selain doi emang ganteng banget (dulu, kalo sekarang? au deh…hehe), ternyata doi punya sifat seperti orang primitif. Yaitu nomaden alias berpindah-pindah. 
Bukaaaan… bukan kelasnya pindah-pindah. Tapi saat jam istirahat, dia ini gak bisa diem di satu tempat. Padahal waktu istirahat hanya 15 menit, tapi dia bisa terlihat di beberapa tempat yang berbeda. Di 5 menit pertama dia berada di musholla (untuk solat Ashar), menit berikutnya bisa di kantin, lalu tak lama ternyata nemplok di kelas lain (baca: mejeng). Beberapa menit terlihat di depan mading, dan tau-tau udah nongol di toilet aja untuk pepsi (baca: pipis), spritefanta sampe coca-cola gituuuu dah.  
Saya terpesona….sungguh pada pandangan yang pertama dan sialnya…hanya bisa mengamati dia dari jauh saja. 

Saat kenaikan kelas 2 SMA, saya berdoa sama Tuhan Yang Maha Kuasa, supaya saya bisa sekelas pas kelas 2 nanti.. Rupanya Tuhan sedang senggang dan  menjawab doa saya. Saya benar-benar 1 kelas dengan Nanang di 2.6…!!!
Selama 1 tahun itu saya benar-benar jadi semangat sekolah.
Masa bodo dengan panas terik atau hujan badai sekalipun… 
Eng, kecuali banjir ding (soale kalo banjir sekolah jadi libur, coz kelas ikutan kelelep hampir 1 meter), pokoknya selama kelas 2 saat sekelas dengannya, saya nggak pernah bolos!! Iya, saya tukang bolos waktu kelas 1 SMA. Saking seringnya bolos, guru Bimbingan Konseling  sampai muak sama saya. 

Tiap hari saya pake parfum dan deodorant, juga tak lupa memilih seragam yang tidak membuat saya kedodoran. Biar terlihat lebih caem gitu. (Padahal sih, muka saya cauuurr banget).
Mungkin kalo kepala saya dulu dicitiscan dan dada saya dirontgen, hasilnya akan membuat geger dunia kedokteran abad ini. Soalnya nama dia, wajah dia dan segala hal tentang dia memenuhi setiap inchi sudut otak dan jantung saya. 
Tapi, sedihnya dia sudah punya pacar… jadi saya hanya bisa menahan sakit-nya patah hati dalam-dalam. Luka luka luka yang kau berikan…Bertubi tubi tubi yang kurasakan…Cintaku bertepuk sebelah tangan…tapi aku balas senyum keindahan…
Meski dia udah punya yayang, dia tetap yang tersayang. 

Sebenernya dari kelas 2, Nanang itu udah tau kalo saya suka sama dia. Soalnya, kalo di kelas dan harus ngobrol bareng sama dia 4 mata gitu, saya tiba-tiba berubah jadi Aziz Gagap.
“I..ii..iiyyya N-Nanang?? A..aa ada apa??” tanya saya kalo tiba-tiba dia memanggil karena ada keperluan dengan saya. Makanya dia jadi sadar kalo saya menaruh hati padanya.

Waktu itu ada 2 teman saya di kelas yang saya beritahu. Mereka berdua sahabat yang bersedia mendengarkan curhat si pungguk yang merindukan bulan ini. Yah, kadang saya suka bingung, mereka berdua nih anak SMA apa informan FBI ya? Soalnya kalo Nanang-nya ngapa-ngapain mereka langsung memberitahu. Seperti saat Nanang lagi ngupil.
“Wii…arah jam 3. Si Nanang lagi ngupil…” bisik salah satu dari mereka.
Atau, “Wii…barusan si Nanang kentut….ternyata bau juga ya??” 
Halah!! 
--


Suatu hari, si Nanang ini melakukan sesuatu yang bikin jantung saya berdetaknya lebih cepat seperti genderang mau perang.
Jadi ceritanya, guru Biologi gamasuk. Ya mulailah anak-anak 2.6 jadi pada blingsatan semua. Sebagian ada yang imigrasi ke kantin (soalnya kelas kami waktu itu letaknya jauh dari gedung utama dan memang sebelahan sama kantin. Jadi amat sangat tak terpantau. Seru banget pokoknya). Nah, Nanang adalah salah satu dari belasan murid yang bermigrasi itu. 
Kalo saya??
Karena dulu masa kecil kurang bahagia, saya dan beberapa teman perempuan serta 2 sahabat saya itu main permainan ‘kucing tikus’ di kelas!! Gileee, tuh permainan harusnya cuma untuk anak TK, Tapi waktu kelas 2 SMA, saya mempopulerkannya kembali!!
Lantas siapa yang jadi kucingnya? Hohoho….ya saya!
Mata saya tertutup kain saputangan milik teman. Dan anak-anak mulai meneriaki, “Ayo…ayoo…Dewi..ayoo…cari..cari…”

Saya mulai meraba-raba udara. 
Berusaha menemukan para tikus nakal itu. Baru beberapa menit saya menjadi si kucing, tiba-tiba salah satu sahabat saya berteriak, “Dewi buka mata lo!!”
Otomatis-lah, saya gerak refleks. Saya segera buka penutupnya dan jrengjeeeeeng…si Nanang sudah berada 5 senti di depan saya. Karena dia tinggi (sekitar 180cm), yang pertama saya lihat adalah kancing ke dua seragam putihnya. Saya dengakkan kepala sedikit, langsung disambut dengan senyuman terdahsyat abad ini. O My God… I’m melting…
Tapi, ya udah.. Gitu aja sih kejadiannya. Cuma itu udah bikin saya panas dingin plus panas dalem.

Saat kelas 3, kami terpisah kelas. Dia IPA 1, saya IPS 1. Iya, emang otak saya lemot .Jadi saya tak bisa sering-sering menatap wajahnya lagi. 
Saat Valentine’s Day kelas 3, saya beli sekotak besar coklat untuk dia. (Valentine’s Day emang bener-bener bikin produsen coklat kaya mendadak dan saya, bangkrut mendadak!) 

Lalu saat ada tugas bikin kliping Sejarah, saya menawarkan diri bikinin tugas itu buat dia. 
(Padahal jelas-jelas dia beda kelas yaa.. hahahaaa)
Makanya hampir 1 angkatan saya jadi tau kalo saya tuh suka sama dia. Ya udahlah, ini aib yang sudah mendunia, mau gimana lagi. Ya kalo mau dibilang sih, sebenernya saya malu banget, tapi untung, kakek saya mewariskan bakat muka tembok. Jadi y-yyah…pede aja!!)
Pokoknya, kalo kata Bryan Adams maheverything I’ll do.. I’ll do it for you…
---


Sampai waktu kelas 3 ada kejadian yang saya jadi malu sendiri. Jadi, kebetulan sekolah saya dengan jalan raya yang dilalui angkot berjarak sekitar 150 meter. Di suatu pagi yang hujan gerimis, turunlah saya dari angkot dengan menggunakan payung. Dan, olala!! Saya melihat Nanang juga baru turun dari angkot di depan saya. Doi nggak pake payung!! 
Kesempatan!! 
Dia kan bisa sepayungan sama saya!! Hohohohoho…..
Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan diborgol. Ya… berusahalah saya memanggil dia. Tapi bersamaan dengan saya teriaki namanya, geledek mengeledek saya. 

JEGGGEEEERRR!!!

Demi mendengar suara geledek nakutin itu, Nanang jadi berlari. Biar cepat sampai ke sekolah sepertinya.
Arrrggghhh!!! Saya kejar dia, dia lebih mempercepat larinya. Saya teriaki lagi nama dia, petir pun kembali menyindir bikin ketar-ketir. 

JEGGGEEERR!!

Ya Tuhaaaan!!! Apa dosa saya???!!!! Sampe 2x saya teriaki nama orang yang saya cintai, tapi tak diijinkan didengar oleh kupingnya.
Saya berusaha mengejar dia dengan kekuatan 2000 tenaga kuda dan hasilnya, tarraaaaa….. saya sukses jatoh ke genangan air!! Ya!! Genangan air sialan yang terbentuk karena sebagian dana jalanraya dikorup sama orang nggak bertanggung jawab sehingga dibuat asal-asalan dan aspalnya jadi cepet growak!!

Bagus banget!!! Plok plok plok!!! Nanang hilang dari pandangan (sudah masuk ke gerbang sekolah) dan saya bangkit perlahan sambil menatap rok yang kotor kena air kubangan. 
Huhuhuhuhuhu….. Untungnya itu hari Sabtu, dimana saya berseragam pramuka, jadi begitu sampai sekolah saya bisa langsung membersihkan kotoran dengan air di toilet. Yahh…walo jadi becek plus lecek rok saya, tapi tetep wajarlah. Kan emang diluar juga gerimis, kilah saya waktu itu
Untungnya Nanangnya nggak tau sempet ada kejadian kaya gitu.
Makanya, kalo kisah saya ini bisa jadi film, pastilah judulnya: Mengejar Mas Nanang.


Rasa cinta itu terbawa hingga lulus SMA, bahkan 2 tahun sesudahnya. 
Saya masih suka mencari kabar dia via teman-teman yang lain. Bahkan saking cintanya (dulu), dia pernah menulis namanya menjadi Nanang Eyen (maksudnya, Nanang keren) di phonebook handphone teman saya, dan langsung saya plagiat habis-habisan nama itu.

Jadi, setiap saya memperkenalkan diri, saya selalu menambah nama saya menjadi Dewieyen. 
(Begitu mengetahui Nanang memakai kata eyen dibelakang namanya, pada tahun yang sama segera saya bikin akun email di yahoo dengan nama dewieyen. Orang-orang pun banyak yang lebih mengenal saya dengan panggilan Dewieyen. Bahkan setelah mulai bisa melupakan Nanang yang sekiranya memang tak tercipta untuk saya, saya tetap memakai nama Dewieyen sejak 2005, bahkan untuk semua akun media sosial saya!! Padahal, saya hanyalah plagiator….hehehehe. Nanang-lah ilham dari semua ini.. Nanang terimakasih… terlebih karena kamu nggak minta royalti saat The Sahronis terbit, hehe)
Sekarang, Nanang dan saya berteman baik. Meski jarang bertemu di dunia nyata, kami masih sering ketemu di dunia maya. Itu sih sama aja nggak pernah ketemu yak. :D
Saya bersyukur, punya cinta pertama yang meski bak gayung tak bersambut, tapi jika diingat bikin hati jadi menghanyut. (hanyut?? cucian kaleee) 
Untuk Nanang, terima kasih pernah ada di dunia ini.
****

PS: Saya masih pakai nama Dewi Eyen sampai sekarang. Bahkan, untuk urusan kantor orang-orang lupain nama asli saya. Disitu kadang saya merasa sedih.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

DICARI SCRIPT EDITOR TRANS TV

SINGAPORE – MALAKA – KUALA LUMPUR (PART 1)